Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Riset Kata Kunci untuk SEO?

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Saat Riset Kata Kunci FNL

Riset kata kunci atau keyword merupakan sebuah langkah penting yang perlu dilakukan sebelum menulis artikel untuk website maupun blog. Pada dasarnya, riset keyword dilakukan untuk membantu Anda dalam menentukan apa kata kunci yang cocok untuk digunakan pada artikel yang akan ditulis serta sesuai dengan website atau blog Anda.

Pemilihan keyword yang tepat diperlukan karena penggunaan keyword dalam konten akan sangat memengaruhi performa website atau blog Anda di halaman hasil pencarian search engine, seperti Google dan Bing. Idealnya, kata kunci yang dipilih merupakan keyword yang sering dicari para pengguna internet di mesin pencari, sesuai dengan topik blog atau website yang dikelola.

Daftar Isi :

Faktor Penting Dalam Riset Keyword

Dalam melakukan riset keyword, apakah ada hal-hal penting yang perlu jadi perhatian khusus? Ternyata ada, dan hal-hal terkait keyword tersebut merupakan insight yang harus Anda pertimbangkan untuk memilih keyword yang tepat. Keempat hal tersebut adalah search volume (volume pencarian), keyword difficulty (kesulitan keyword), keyword suggestion (saran keyword), dan SERP.

Untuk lebih mengenal dan memahami faktor-faktor penting dalam riset keyword, simak penjelasannya berikut ini!

  • Search volume (volume pencarian).

Faktor yang satu ini mengacu pada ada berapa banyak sebuah keyword dicari lewat Google selama kurun waktu tertentu. Apabila Anda menggunakan keyword tool, biasanya insight yang ditampilkan adalah volume atau berapa banyak pencarian suatu keyword tertentu dilakukan dalam kurun satu bulan terakhir.

Sebagai contoh, informasi yang ditampilkan menunjukkan angka 100.000. Maksudnya, keyword yang Anda riset tersebut telah dicari sebanyak 100.000 kali di mesin pencari Google dalam waktu satu bulan.

  • Keyword difficulty (level kesulitan keyword).

Keyword difficulty mengacu pada tingkat kesulitan yang dimiliki sebuah kata kunci agar dapat berada pada halaman pertama hasil pencarian. Biasanya, skala 0-100 digunakan oleh keyword tool, di mana angka yang lebih besar menunjukkan tingkat kesulitan yang lebih tinggi untuk keyword tersebut.

Pada keyword difficulty, keyword tool biasanya juga menunjukkan ada berapa backlink yang dibutuhkan apabila Anda ingin konten artikel di mana keyword tersebut ditempatkan bisa muncul di halaman pertama hasil pencarian Google. Makin tinggi skor keyword difficulty-nya, makin banyak jumlah backlink yang perlu disisipkan.

  • Keyword suggestion (saran keyword).

Saran keyword atau saran kata kunci merupakan keyword yang muncul dan disarankan karena berkaitan dengan sebuah keyword tertentu yang tengah Anda cari. Contohnya, untuk riset keyword “membuat kue”, biasanya keyword tool akan menampilkan saran keyword seperti “cara membuat kue”, “membuat kue enak”, atau “membuat kue mudah”.

Di samping itu, keyword tool juga biasanya akan menampilkan saran long tail keyword. Long tail keyword ini sendiri merupakan keyword yang memiliki minimal 3 kata. Contohnya seperti saran keyword yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Dengan memanfaatkan fitur saran keyword atau keyword suggestion yang terdapat pada keyword tool, Anda pun dapat menemukan banyak long tail keyword yang sesuai dan dapat digunakan untuk konten di website atau blog Anda.  Malah, penggunaan long tail keyword sangat dianjurkan. Pasalnya, tercatat bahwa sekitar 70% pencarian yang dilakukan di Google rupanya terdiri atas long tail keyword, sehingga penggunaannya bisa membantu Anda menarik makin banyak traffic.

Misalnya, pengguna internet kemungkinan besar tidak akan mendapatkan informasi spesifik yang sesuai kebutuhan jika mereka hanya memasukkan keyword “masak” di kolom pencarian Google. Akan tetapi, jika pengguna internet memasukkan keyword “cara masak kue keju” atau “cara masak kue mudah”, mereka justru bisa menemukan informasi yang sesuai dengan kebutuhan.

  • Search engine result page (SERP).

SERP menunjukkan apa saja laman atau page yang berada pada peringkat teratas dan muncul pada hasil untuk pencarian keyword yang Anda lakukan atau sedang Anda riset. Dengan SERP, Anda bisa melihat sendiri kualitas laman-laman yang menduduki peringkat teratas tersebut dan mempelajarinya untuk bisa diterapkan pada konten yang Anda buat.

Rekomendasi Keyword Tool untuk Riset Kata Kunci

Kemudian, apa saja keyword tool yang bisa Anda gunakan untuk melakukan riset kata kunci? Sebenarnya, pilihannya ada banyak, kok. Anda juga bisa pilih keyword tool yang gratis maupun yang berbayar. Di samping itu, tak sedikit keyword tool berbayar yang juga memiliki versi gratis, meskipun fiturnya terbatas.

  • Ubersuggest
Ubersuggest adalah keyword tool gratis yang cukup mudah digunakan. Anda cukup memasukkan apa keyword yang ingin digunakan, kemudian tentukan wilayah atau area mana yang ditarget. Nantinya, tool ini akan menyajikan informasi tentang volume pencarian dari kata kunci tersebut, tingkat kesulitannya, serta saran keyword terkait yang dapat Anda gunakan. Saran keyword yang muncul pun tentunya masih berhubungan dengan keyword yang diketik dan tengah Anda riset.

  • Google Trends
Trends merupakan salah satu tool yang dapat Anda gunakan dan merupakan tool yang dimiliki oleh Google. Di samping itu, Google Trends bisa digunakan secara gratis. Dengan tool ini, Anda bisa mengatur wilayah yang ingin ditargetkan. Bahkan, Anda juga bisa memperoleh informasi tentang pergerakan keyword yang tengah Anda cari, mulai dari pergerakan dalam satu jam terakhir hingga lima tahun terakhir lewat sebuah grafik. Di samping itu, Google Trends juga menyajikan informasi naik-turunnya popularitas sebuah keyword.

  • KWFinder
Mirip seperti Ubersuggest, KWFinder juga dapat menyajikan informasi soal search volume, keyword difficulty, dan SERP dari keyword tertentu yang Anda riset. Meski demikian, KWFinder bukanlah tool yang bisa digunakan full secara gratis – hanya ada slot untuk 2 pencarian kata kunci saja yang bisa dilakukan secara gratis. 
Dan jika Anda ingin meneruskan pemakaian dengan KWFinder, Anda perlu mendaftar dulu agar bisa melakukan total 5 riset keyword dalam 24 jam, serta maksimal 50 saran keyword dalam masing-masing pencarian.

Apabila Anda merasa kalau fitur akun gratis belum cukup, Anda bisa pilih satu dari 3 paket premium yang ditawarkan KWFinder. Masing-masing paket tersebut punya harga serta fitur yang berbeda-beda, jadi pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

  • MOZ
Dengan MOZ, Anda perlu mendaftar terlebih dahulu sebagai user MOZ untuk bisa mengakses fitur-fiturnya, serta mendapatkan total 10 slot untuk riset kata kunci. Dengan akun gratis, Anda hanya akan mendapatkan info soal SERP 3 website atau blog teratas, dan tidak ada insight lain seperti volume pencarian per bulan. Tapi, jika Anda mendaftar menjadi pengguna berbayar dengan biaya bulanan, Anda bisa memanfaatkan program free trial untuk 30 hari pertama.

Nah, itulah panduan singkat tentang hal-hal penting terkait riset kata kunci yang perlu Anda perhatikan, serta rekomendasi beberapa keyword tool yang dapat Anda gunakan untuk membantu proses riset keyword yang Anda lakukan. Semoga informasi tersebut bermanfaat dan bisa membantu mendongkrak posisi website atau blog Anda di halaman hasil pencarian Google!