Pengertian, Manfaat, dan Penempatan Kata Kunci

Dalam dunia pemasaran online pastinya Anda sering kali dituntut mencari beberapa kata kunci bukan ? 

semakin relevan dan banyak dicari, kata kunci tersebut akan dimunculkan oleh pihak penyedia mesin pencari tersebut dan bisa menduduki peringkat atas pada halaman yang pertama. 

Jika sudah menduduki halaman pertama maka website Anda akan berkembang dengan mudah.

Namun, Terkadang bagi pembuat konten tulisan pemula masih belum banyak yang tahu beberapa hal yang penting dalam menggunakan kata kunci sebagai alat yang menuntun tulisan Anda ke pencari. 

Berikut adalah beberapa hal penting mengenai kata kunci dari mulai pengertian, manfaat sampai pada penempatan yang tepat :

Isi dalam Artikel

Pengertian Kata Kunci

Sebelum menginjak pada penempatan kata kunci yang benar maka sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari kata kunci itu sendiri. 

Kata kunci adalah sekumpulan kata-kata yang menjadi kunci untuk bisa tampil pada halaman pencarian dan memberikan informasi yang benar-benar relevan bagi para pencari tersebut sehingga tepat sasaran.

Kata kunci menjadi hal yang selalu dibicarakan apalagi dengan menggunakan teknik penulisan SEO yang mana menuntut penggunaan kata kunci sebagai unsur yang pertama dalam pembuatan artikel yang paling utama. 

Tanpa kata kunci mungkin artikel Anda hanya akan menjadi artikel yang tertulis saja dan tidak terbaca oleh orang lain, sangat sia-sia.

Manfaat Kata Kunci

manfaat kata kunci ya (1)Dari pengertian di atas mungkin Anda juga sudah bisa mendapatkan beberapa manfaat bukan dalam penggunaan kata kunci ini ? 

Manfaat kata kunci ini sangat banyak dalam pembuatan artikel dan dalam proses pencariannya. 

Dalam pembuatan artikel, kata kunci sangat baik digunakan untuk menunjukkan artikel Anda tentang apa sehingga saat muncul pada halaman pencarian, pencari bisa mendapatkan informasi yang tepat.

Selain itu bagi proses pencariannya oleh mesin pencari juga akan sangat mudah. Mesin pencari akan lebih mudah dalam mencari kata kunci yang dimasukkan dan mencocokkan dengan berbagai situs. 

Dengan kata kunci yang sangat kuat dengan melalui riset yang panjang maka akan ditampilkan pada halaman yang pertama.

Penempatan Kata Kunci Agar Maksimal :

Penempatan kata kunci yang tepat yang pertama adalah pada judul konten atau judul artikel yang Anda Buat serta tak lupa meta judul yang juga sangat penting dalam penampilan artikel. 

Kedua tempat ini sangat efektif dalam penempatan kata kunci sehingga bisa lebih mudah ditemukan oleh pencari dalam arti manusia dan juga mesin pencari.

Penempatan kata kunci pada bagian judul sangat penting karena menjadi hak yang sesuai dengan apa yang mereka cari, judul menjadi salah satu tempat yang sangat tepat karena terpampang nyata pada pertama dilihat oleh para pencar.

Sedangkan untuk meta title ini juga sangat penting karena menjadi hal yang bisa dilihat oleh sistem pencarian, sehingga tidak kalah pentingnya antara dilihat oleh manusia atau dilihat oleh mesin. 

Jadi kedua tempat ini harus sangat diperhatikan agar bisa menjadi artikel dengan kedudukan yang pertama dalam mesin pencarian.

Pada saat Anda sedang membuka situs maka Anda bisa melihat alamat yang terpampang pada bagian atas situs. Anda bisa melihat pada alamat URL tersebut terdapat kata-kata yang walaupun tidak memiliki spasi dia bisa dibaca layaknya kalimat seperti biasa.

Kalimat tersebut akan lebih baik jika disesuaikan dengan kata kunci sehingga bisa lebih sesuai saat dilakukan pencarian. Mesin pencari juga akan lebih mudah memberikan rujukan situs kepada pencari dengan URL yang juga mengandung kata kunci tersebut. Jadi, URL juga harus diperhatikan.

Jika Anda mencari suatu artikel dan ternyata ada beberapa kalimat yang mewakili maka  itulah yang dinamakan dengan meta deskripsi. 

Anda bisa melihatnya pada pencarian sehingga bisa membaca sekilas mengenai isi artikel tanpa harus membaca keseluruhannya terlebih dahulu, meta deskripsi ini beda tipis dengan kesimpulan yang singkat sehingga memudahkan pembaca dalam menganalisis isi dari artikel tersebut.

Dalam penggunaan kata kunci pada meta deskripsi akan memudahkan pencari dalam mendapatkan informasi yang tepat dengan mudah. 

Mereka bisa membaca terlebih dahulu apa yang menjadi artikel Anda tersebut lalu jika tertarik dan sesuai dengan pencarian maka bisa membuka link Anda dan mulai mencari informasi yang diinginkan tersebut.

Pada pembuatan artikel, mungkin kita juga akan menyertakan gambar bukan ? gambar yang disertakan bisa dapat mempermudah seorang pembaca menjadi lebih mudah memahami dalam membaca maksud Anda dalam artikel. 

Jadi banyak penulis yang memilih menggunakan gambar sebagai media yang mempermudah penjelasan pada orang lain.

Pada penggunaan gambar tersebut tidak lah sembarangan. Jangan hanya menggunakan nama file asli yang tidak ada kaitannya dengan kata kunci. 

Gunakan kata kunci juga dalam nama file atau pada judul gambar sehingga orang yang hanya mencari gambar dan ingin membaca lebih lengkapnya maka akan lebih mudah untuk bisa masuk pada situs Anda lalu membacanya dan menambah daftar pengunjung pada situs Anda.

Saat Anda melakukan penempatan inbound link pada halaman yang lain jangan lupa gunakan kata kunci agar lebih mudah pemberian rujukannya. 

Jadi arus pengunjung pada website Anda akan berjalan terus menerus walaupun hanya mendapat dari inbound link yang disertakan ada halaman yang lain. 

Jadi perhatikan betul dalam membuat kalimat jangan sampai tidak mengandung kata kunci dalam pemberian inbound link satu ini.

Pada pembahasan konten Anda juga harus menyertakan beberapa kata kunci tersebut sehingga bisa mudah ditemukan oleh para pencari. Buat konten yang sesuai dengan kata kunci yang ada. 

Dengan membuat konten yang sesuai dengan kata kunci maka Anda akan memudahkan Anda dalam menyusun kata kunci terebut menjadi kalimat yang menyambung dengan kalimat yang lain.

Anda bisa menempatkan beberapa kata kunci baik yang berbeda atau yang sama di beberapa paragraf yang penting. 

Anda bisa menempatkannya di paragraf awal, ada yang di paragraf terakhir dan ada yang di tengah-tengah artikel. Ini adalah salah satu metode namun Anda bisa menggunakan metode yang lain dalam penempatan kata kunci tersebut.

Itu saja beberapa penempatan kata kunci yang bisa dicantumkan di sini. Gunakan kata kunci yang familier dan banyak dicari oleh banyak orang, jangan lupa untuk selalu meriset beberapa kata kunci pilihan sehingga kata kunci yang dibuat akan lebih tepat dengan sasaran dan tidak meleset. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda.