Pentingnya Mempelajari Penggunaan Kata Kunci Di Internet

Pentingnya Mempelajari Penggunaan Kata Kunci Di Internet

Kata kunci atau yang lebih dikenal dengan nama keyword adalah hal yang penting dalam dunia internet. Anda tentu tahu bahwa informasi di internet ada sangat banyak dan selalu bertambah dengan cepat setiap menit-nya. Menyortir dan mencari informasi di dunia maya ini tentu akan sulit jika tanpa menggunakan fitur keyword ini.

Manfaat keyword yang paling jelas adalah untuk memudahkan alat pencari (search engine) dalam menata konten dan informasi di Internet. Anda tentu sudah pernah memasukkan keyword yang dicari dalam Google dan melihat betapa cepat-nya proses cari itu. Hal yang ditemukan juga bisa sangat banyak. Tergantung apa yang Anda cari, biasanya yang relevan sudah ada pada halaman satu sedangkan halaman lain bisa digunakan jika Anda ingin mencari lebih banyak.

Kata Kunci dan Penggunaannya

Dari fungsi yang diterangkan di atas, Anda tentu sudah mulai mengerti bagaimana keyword ini penting. Tanpa adanya keyword, informasi di Internet akan makin sulit di cari. Di sisi lain, jika Anda adalah pemilik konten ataupun website, keyword ini akan memudahkan pengguna untuk datang ke tempat Anda.

Di internet, semakin banyak pengunjung yang datang bisa mendatangkan banyak keuntungan. Keuntungan yang jelas tentu mendapatkan nama yang lebih besar. Semakin banyak orang datang ke website dari pencarian keyword, makin banyak orang juga mengenal website tersebut. Jika sudah begitu, brand website tersebut menjadi terkenal.

Keuntungan lain dari datangnya banyak pengunjung adalah pendapatan. Pemilik website bisa memasang iklan yang menghitung seberapa banyak pengunjung yang melihatnya. Jadi semakin banyak pengunjung yang datang, makin banyak juga pendapatan yang didapat dari iklan tersebut.

Kedua hal ini tentu penting bagi para pemilik website, jadi penggunaan keyword bagi mereka adalah hal yang esensial. Biasanya kata kunci yang akan digunakan dihubungkan dengan website dan kemudian di research. Para pemilik website lain bisa saja menggunakan keyword yang sama. Jadi untuk mengurangi persaingan, keyword ini dicari alternatif yang tetap populer dicari tapi tidak terlalu umum digunakan.

Penyesuaian dan research untuk memastikan website menjadi mudah dicari dan ditemukan oleh user ini sekarang lebih dikenal dengan istilah SEO. SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization. Teknik ini dimaksudkan untuk memastikan konten ataupun website lebih mudah diakses oleh search engine. Bentuk paling dasarnya adalah penggunaan kata kunci, tapi SEO meliputi hal yang lebih dari itu.

Dalam teknik SEO, keyword tidak hanya digunakan sebagai alat sorting untuk search engine, tapi harus diintegrasi baik dalam konten. Jadi menyebutkan keyword berkali – kali dalam artikel dan membuatnya sulit dibaca akan membuat SEO menjadi jelek. Keyword yang baik perlu digunakan dengan mengikuti algoritme yang sudah ditemukan, jadi tidak bisa sembarangan.

Aturan Penggunaan Kata Kunci yang Benar

Nah, dalam penggunaan yang benar, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Mari bahas aturan – aturan kata kunci yang penting dan sesuai SEO berikut ini:

Gunakan Kata Kunci yang Tidak General

Para pemilik website tentu berlomba untuk memastikan banyak pengunjung datang. Hal ini membuat persaingan dalam pemilihan keyword makin ketat. Jika Anda tidak ingin terlalu bersaing dalam hal ini, Anda bisa membuat variasi keyword yang lebih khusus tapi tetap populer.
Contoh saja keyword seperti beli laptop. Keyword ini tentu banyak digunakan di berbagai toko komputer dan laptop, jadi coba pilih yang lain. Sebagai alternatif, Anda bisa pakai keyword beli laptop bekas atau beli laptop Jakarta yang lebih spesifik.

Pastikan Kata Kunci Ada di Bagian yang Penting

Keyword lebih baik digunakan pada bagian – bagian penting konten website Anda. Contoh jika membuat artikel. Keyword dalam konten ini lebih baik diletakkan pada judul, subjudul, kata pertama artikel, paragraf penutup dan bahkan gambar yang digunakan pada artikel. Penggunaan di tempat – tempat ini biasanya lebih efektif bagi search engine untuk menemukannya.

Kata Kunci Harus Menyatu dengan Konten

Penggunaan kata kunci yang hanya diulang – ulang saja tidak akan bisa mengundang search engine untuk menunjukkan konten Anda. Di era awal tahun 2000, teknik ini memang efektif. Hasilnya banyak artikel yang berupa keyword yang diulang sepanjang 300 sampai 400 kata. Hal ini tentu membuat konten muncul di search engine lebih mudah, namun bagi pengguna internet hal ini menyusahkan. Coba bayangkan Anda mencari resep burger, tapi saat click link di search engine, artikel yang muncul hanya tulisan resep burger enak diulang – ulang sepanjang 300 kata. Tentu Anda akan merasa kesal.

Untungnya Hal ini sudah diperbaiki. Google sebagai pemilik search engine terbaik saat ini memastikan bot-nya menganalisis konten sebelum masuk sebagai pilihan yang ditemukan. Salah satu filter ini adalah apakah engagement. Google mengukur seberapa lama seseorang yang menghadapi konten tersebut berinteraksi dengan hal tersebut.

Jika seseorang menemukan artikel dan langsung click ganti page atau keluar, ukuran engagement akan rendah. Konten yang tidak bisa mengikat pengunjung akan mendapatkan penilaian rendah dan biasanya akan lebih sulit di temukan di page search Google.

Karena alasan ini, Anda lebih baik membuat konten yang enak dibaca dan memasukkan keyword di dalamnya. Jika Anda menulis artikel blog misalnya, artikel itu harus menarik mudah di baca tapi tetap memiliki keyword di dalamnya. Keyword yang tidak dipaksakan ini akan mendapatkan penilaian lebih baik dari search engine, terutama Google.

Manfaatkan Kata Kunci Untuk Link

Kata kunci akan lebih efektif jika menjadi link untuk menghubungkan ke konten lain. Keyword untuk link ini bisa mengarahkan ke konten yang menjelaskan lebih detail soal topik tertentu. Contoh saja Anda membuat artikel dengan keyword laptop merek A. Nah, dalam artikel itu, Anda bisa masukan keyword artikel lain seperti review laptop merek A generasi 2 untuk mengarahkan ke konten tersebut. Keyword dalam bentuk link ini akan dibaca oleh search engine sebagai jalur informasi yang berbobot karena terkoneksi dengan banyak konten lain.

Atur Jumlah Kata Kunci Berdasarkan Panjang Konten

Dalam menggunakan keyword, Anda lebih baik batasi jumlahnya tergantung panjang konten. Biasanya penggunaan yang baik untuk keyword adalah 2% sampai 4% dari total jumlah kata. Penggunaan persen ini biasanya hanya untuk konten dalam bentuk artikel.

Selalu Waspada dengan Perubahan Aturan Kata Kunci di SEO

Sebenarnya topik keyword ini masih bisa digali lebih dalam. SEO yang melibatkan keyword sendiri sudah menjadi topik hangat para pengamat internet. Masalahnya aturan mengenai hal ini selalu berkembang mengikuti perubahan algoritme yang digunakan search engine.

Jadi semisal Google mengganti aturan algoritme bot search engine-nya, ada kemungkinan hal – hal yang dijelaskan di atas bisa berubah juga. Bagi Anda yang tidak ingin ketinggalan soal ini, pastikan selalu memperhatikan berita dan perkembangan seputar SEO jika ingin ahli dalam penggunaan kata kunci.