Perlu Riset Kata Kunci YouTube? Coba dengan 6 Cara Ampuh Ini!

Perlu Riset Kata Kunci YouTube? Coba dengan 6 Cara Ampuh Ini!

Dari berbagai kesalahan yang dapat dilakukan seseorang ketika membuat konten SEO maupun YouTube adalah tidak melakukan riset kata kunci alias keyword dengan baik dan benar. Padahal, keyword memainkan peran penting dan sangat memengaruhi seberapa banyak kunjungan dan tayangan konten video YouTube Anda. Akibatnya, Anda jadi kesulitan mendapatkan traffic organik lewat YouTube.

Dengan melakukan riset keyword yang benar dan tepat, bukan mustahil kalau konten video YouTube Anda akan memiliki statistik tayangan yang sangat tinggi, serta memengaruhi berapa jumlah subscriber channel YouTube Anda. Kalau begitu, bagaimana ya cara melakukan riset kata kunci di YouTube?

Ternyata, Anda sudah bisa melakukan riset keyword YouTube menggunakan aplikasi khusus, lho! Dan Anda juga tak perlu khawatir lagi karena ada juga beberapa aplikasi yang bisa Anda dapatkan secara gratis, kok. Apa saja ya cara riset keyword YouTube?

Riset Kata Kunci YouTube dengan Aplikasi

  • SEMrush

Bagi Anda yang terhitung masih merupakan pemain baru di YouTube, Anda bisa gunakan SEMrush sebagai tool untuk melakukan riset kata kunci hingga analisis kompetisi. Aplikasi SEMrush ini menyediakan informasi berdasar search volume Google. Meski begitu, informasi yang disajikan tetap bisa membantu Anda mendapatkan insight soal topik apa saja yang banyak dicari orang-orang di internet.

Setelah Anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan, yaitu keyword yang relevan, cek berapa tingkat skor kesulitan untuk masing-masing keyword tersebut. Biasanya, Anda bisa abaikan saja keyword dengan skor tinggi. Pasalnya, dalam beberapa kasus, konten dengan keyword berskor tinggi tersebut biasanya belum tersedia di YouTube.

  • Keywords Everywhere

Aplikasi ini merupakan plugin untuk Mozilla Firefox maupun Google Chrome dan merupakan aplikasi freemium. Artinya, Anda tetap bisa menggunakan plugin ini secara gratis (free), meskipun terdapat berbagai fitur yang bisa Anda gunakan jika Anda memilih versi berbayarnya (premium).

Dengan Keywords Everywhere, Anda bisa mendapatkan berbagai insight seperti CPC, search volume, hingga kompetisi AdWords untuk keyword yang ingin Anda gunakan. Nah, Keywords Everywhere ini bisa Anda gunakan bukan hanya ketika Anda melakukan riset kata kunci di Google, tapi juga di YouTube.

  • Keywordtool.io

Aplikasi yang satu ini sudah lama dikenal sebagai tool yang andal untuk membantu riset keyword. Apalagi, aplikasi ini bisa Anda gunakan bukan hanya di Google, tapi juga YouTube, Bing, App Store, Amazon, dan eBay. Mirip seperti Keywords Everywhere, Anda juga bisa menggunakan versi gratis alias free dari Keywordtool.io, meskipun full version-nya merupakan versi yang berbayar.

Meski demikian, dengan versi gratis Keywordtool.io, Anda tidak bisa melihat insight seperti search volume, CPC, tren, dan skor kompetisi. Di samping itu, saran kata kunci terkait berdasarkan keyword yang Anda cari juga terbatas pada versi gratisnya. Tapi, Anda tetao bisa menggunakan Keywordtool.io versi gratis untuk mendapatkan daftar input keyword yang akan Anda gunakan, kemudian bandingkan dengan insight yang diperoleh dari Keywords Everywhere.

  • Google Trends

Tool dari Google yang satu ini juga bisa Anda gunakan ketika mencari ide konten YouTube berdasarkan kata kunci yang sesuai. Meskipun seratus persen tak berbayar alias gratis, Google Trends sudah mampu menyediakan insight yang kuat dan akurat, terutama untuk membantu Anda mencari apa tren yang sedang ramai dibicarakan dan dicari para pengguna internet.

  • VidIQ

Kemudian, ada juga aplikasi VidIQ yang bisa digunakan untuk riset keyword, termasuk di Google. Bahkan, riset lewat VidIQ juga bisa dilengkapi dengan pencarian berdasarkan negara untuk keyword yang Anda masukkan. Meski begitu, VidIQ merupakan aplikasi premium, walaupun Anda juga sudah bisa memanfaatkan versi gratisnya jika Anda hanya perlu mendapatkan ide kata kunci.

Riset Kata Kunci Manual Langsung dari YouTube

Di samping menggunakan aplikasi yang sudah dijelaskan di atas, Anda juga bisa melakukan riset keyword YouTube langsung dari website platform video milik Google ini. Caranya juga sangat mudah, dan salah satunya serta cara tergampangnya adalah memanfaatkan fitur autofill yang ada di dalam kolom pencarian YouTube.

Sebagai contoh, Anda ingin mencari ide keyword untuk “sepatu sneaker”. Anda cukup ketikkan “sepatu sneaker” pada kolom pencarian YouTube – tentunya tanpa tanda petik – kemudian berikan spasi setelah kata “sneaker”, misalnya sepatu sneaker (spasi) l. Nantinya, Anda bisa temukan saran keyword seperti sepatu sneaker lokal terbaik, sepatu sneaker lokal, sepatu League sneakers, dan sepatu sneaker lokal Indonesia. Berbagai keyword yang muncul tersebut bisa Anda gunakan sebagai ide kata kunci konten YouTube Anda. Mudah, kan?

SEO YouTube, untuk Apa?

Pada dasarnya, riset keyword untuk YouTube dilakukan sebagai bagian dari strategi SEO. Dengan begitu, SEO dilakukan bukan hanya untuk website. Terlebih, YouTube saat ini juga digunakan sebagai platform branding, promosi, hingga sumber penghasilan dari iklan. Sama saja seperti website, kan?

Dengan demikian, jika video atau channel YouTube Anda memiliki traffic tinggi, jumlah penghasilan yang bisa Anda peroleh dari iklan yang masuk juga lebih tinggi. Karena alasan inilah optimasi SEO YouTube perlu dilakukan.

Sebab, dengan optimasi SEO YouTube yang baik, Anda akan lebih mudah mendapatkan traffic organik. Dan lewat optimasi SEO YouTube, Anda bisa pilih kata kunci yang sesuai bagi konten video untuk Anda buat dan unggah. Keyword yang sesuai tersebut tentunya adalah keyword yang mampu menjaring traffic organik lebih tinggi. Kemudian, jika strategi SEO YouTube Anda sukses, video Anda pun bisa muncul di peringkat teratas hasil pencarian YouTube.

Meskipun YouTube merupakan platform video, nyatanya inti dari karakteristik YouTube sama saja seperti Google, yaitu mesin pencari. Sebab, seperti yang pasti sudah Anda ketahui, apa saja yang terdapat di YouTube bisa Anda temukan dengan memasukkan kata kunci tertentu. Dan karena konsep ini sama saja dengan konsep SEO website, artinya video yang Anda unggah di YouTube juga membutuhkan optimasi seperti penggunaan keyword utama, penambahan tag, dan sebagainya.

Karena itu, apabila Anda bisa mengoptimasi video Anda dengan strategi SEO, video yang Anda unggah pun bisa ditemukan dengan lebih mudah di dalam YouTube. Di samping itu, video Anda juga punya kesempatan lebih baik untuk muncul di halaman pencarian Google, mengingat bahwa YouTube dimiliki Google, dan halaman hasil pencarian Google tidak sekadar menampilkan hasil berupa website tapi juga video dan gambar.

Riset kata kunci yang baik merupakan langkah pertama yang vital untuk optimasi SEO yang maksimal. Makin cepat Anda lakukan, makin cepat hasilnya bisa Anda lihat. Dan strategi optimasi SEO YouTube diperlukan bukan hanya untuk Anda yang ingin jadi influencer, tapi juga untuk branding bisnis atau channel Anda. Karena itu, yuk mulai dengan riset keyword yang cermat agar konten video Anda bisa mendapatkan traffic tinggi di YouTube sekarang juga!