Riset Kata Kunci Potensial untuk Search Engine

Riset Kata Kunci Potensial untuk Search Engine jadi

Kata kunci merupakan istilah yang digunakan untuk frasa atau kata yang dipakai saat melakukan suatu pencarian di search engine, baik itu Google, bing dan lainnya. Untuk sebuah blog atau website, keyword atau kata kunci menjadi hal dasar yang harus dicari dan digunakan. Kondisi inilah yang dikatakan dengan riset keyword. 

Hanya saja riset keyword bukanlah hal yang mudah dan sering kali membuat bingung, terkhusus bagi mereka yang masih awam tentang teknik SEO. Namun tidak perlu khawatir, dalam kesempatan kali ini kami akan memberikan pemahaman ringkas mengenai riset kata kunci hingga beberapa SEO tools gratis untuk riset kata kunci.

Tujuan Riset Kata Kunci

Perlu diketahui, tujuan riset kata kunci yang paling utama ialah untuk mengetahui topik populer yang paling banyak dicari pengguna internet di mesin pencari dan berkaitan dengan blog atau web yang Anda bangun. Dengan melakukan riset kata kunci, maka Anda bisa mengetahui kata kunci yang berhubungan dengan tema blog atau bisnis Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan keyword potensial yang bisa mendatangkan visitor ke blog yang Anda bangun.

Menariknya lagi, dengan memilih keyword yang tepat Anda juga bisa mengetahui perkiraan visitor yang mencari kata kunci tertentu, berkesempatan melihat persaingan di mesin pencari atas kata kunci tertentu dan bahkan bisa menyusun prioritas keyword mana yang ingin dijadikan keyword utama. 

Dalam praktiknya, prinsip utama riset keyword ialah untuk menentukan topik atau kata kunci yang paling tepat sesuai permintaan visitor. Dengan kata lain, Anda dengan mudah bisa menyediakan konten atau informasi sesuai apa yang dicari pengguna internet.

Keuntungan Melakukan Riset Kata Kunci

Berikut ini beberapa keuntungan utama yang bisa Anda peroleh dengan melakukan riset keyword untuk searc engine, antara lain:

  • Ide artikel. Keuntungan pertama ialah menemukan ide konten artikel dengan mudah. Ada banyak pemula dalam dunia blog atau website yang kesulitan mendapatkan ide membuat konten sebagai isi blognya. Mereka sudah memiliki blog pribadi namun malah mentok di tengah jalan karena tidak paham dengan konten yang sesuai. Kabar baiknya, dengan melakukan riset keyword Anda bisa mengumpulkan berbagai topik menarik yang bisa dijadikan konten artikel pada blog. Menariknya topik tersebut merupakan topik populer yang paling banyak dicari.
  • Pola kerja lebih terstruktur. Saat melakukan riset keyword, Anda juga bisa menyusun skala prioritas kata kunci paling potensial yang ingin digunakan. Kemudian menggabungkannya dengan riset yang kompetitif. Langkah ini akan memudahkan Anda menyusun topik yang hendak dibuat berdasarkan tingkat persaingan yang muncul di mesin pencarian. Singkatnya, dengan riset keyword Anda semakin mudah menentukan keyword yang hendak dikerjakan di awal, memilih keyword yang berat dan digunakan belakangan atau menentukan topik yang akan dicakup dalam sebuah artikel.
  • Trend setter. Terakhir website atau blog Anda bisa menjadi yang pertama di laman pencarian karena mengulas konten tertentu secara lengkap. Blog juga akan kedatangan visitor dalam jumlah besar setiap harinya dan tentunya akan membantu Anda meningkatkan keuntungan.

Cara Riset Kata Kunci Menggunakan SEO Tools Gratis Populer

Dalam proses riset keyword, Anda bisa memanfaatkan tools premium atau berbayar dan beberapa tools gratisan. Namun sebelum membahas lebih jauh, Anda harus mengetahui dua hal penting dalam menentukan keyword yang hendak digunakan. Pertama relevansi, jika Anda memiliki website bisnis maka sebaiknya Anda memperhatikan relevansi antara kata kunci dan bisnis yang Anda bangun. Kemudian tambahkan lokasi pada keyword yang Anda gunakan sekiranya Anda ingin mengembangkan bisnis di suatu daerah tertentu. 

Lalu, bagaimana sih caranya melakukan riset keyword secara efektif? Sebagai informasi tambahan, berikut ini kami paparkan beberapa tools gratis terbaik dan paling populer untuk melakukan riset keyword. 

Namun ingat, pastikan Anda tidak asal-asalan dalam menentukan long tail keyword karena hal ini bisa berakibat buruk pada website atau blog yang Anda bangun.

  • Google Keyword Planner

Cara pertama ialah menggunakan Google Keyword Planner. Goolgle memang telah menyediakan beberapa SEO tool gratis yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan riset kata kunci. Dan cara ini bisa menjadi pertama bagi Anda yang kesulitan menentukan long tail keyword dan terlibat dalam Campaign Adwords. Ketika memasukkan satu atau beberapa keyword bahkan memasukkan halaman web maka Google Keyword Planner akan memunculkan beberapa keyword yang relevan. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan simple metric yang berisikan data statistik serta performa dari keyword yang sudah ditampilkan tersebut.

  • Google Trends

Cara berikutnya ialah menggunakan Google Trends dari Google untuk menemukan ide kata kunci. Caranya, Anda bisa memasukkan beberapa keyword yang diinginkan dan memfilter berdasarkan search history, lokasi dan kategori. Tool terbaik ini akan menampilkan seberapa menarik website Anda dan seberapa cocok sebuah keyword terhadapnya. Google Trends juga akan menunjukkan penyebab interest terjadi, dari mana asal visitor di website Anda dan bahkan juga menunjukkan beberapa keyword lain yang relevan dengan kata kunci yang diteliti. Salah satu hal menarik dari tool ini ialah kemampuannya menyajikan data dalam bentuk grafik warna-warni.

  • Google Analytics

Google Analytics tidak kalah menarik dari beberapa tools gratis dari Google sebelumnya. Dengan tool ini Anda bisa mendapatkan data SEO secara lengkap yang bisa mempermudah Anda memahami pengunjung website dan mendapatkan cara terbaik berinteraksi dengan visitor. Bahkan banyak pengguna yang menganggap jika tidak ada SEO tools lainnya yang bisa menyediakan data lengkap seperti yang dilakukan Google Analytics.

  • Google Search Console

Di posisi selanjutnya ada tool gratisan lain yang disediakan oleh Google, Google Search Console namanya. Google Search Console dahulunya dikenal dengan nama Google Webmaster Tools yang cara kerjanya sama seperti yang dimiliki Bing. Tool ini juga sangat efektif menyajikan data seputar keyword potensial. Menariknya lagi, jika Anda bisa menggunakan Google Search Console dan Bing Webmaster Tools sekaligus, maka Anda bisa mendapatkan performa sangat menakjubkan pada search engine Google lho.

  • Moz 

Terakhir ada Moz, yaitu SEO tools gratis yang sangat cocok digunakan untuk aktivitas inbound marketing. Tools ini memiliki tampilan yang sangat user friendly dan sangat mudah dimengerti. Bahkan terdapat beberapa fitur gratis dari Moz yang bisa dimanfaatkan dengan mudah. Sebut saja Open Site Explorer, Moz Local, Followerwonk, Mozbar dan The Serp Overlay. Beberapa fitur ini bisa Anda gunakan untuk mendapatkan kata kunci yang paling tepat.

Beberapa SEO tools gratis yang telah disebutkan di atas akan memberikan kemudahan bagi Anda yang ingin melakukan riset keyword bernilai tinggi. Hanya saja, tools tersebut tidak bisa digunakan untuk mendapatkan informasi mengenai jumlah pencarian terhadap suatu kata kunci atau CPC (Cost Per Click). Sekian ulasan ringkas mengenai beberapa tools gratisan untuk riset kata kunci, semoga ulasan di atas bermanfaat ya!